TRENGGALEK is ti me wa

Cartoons Comments Pictures
Click Here to Get More Images @ MyNiceProfile.com
Trenggalek merupakan sebuah kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur yang menempati wilayah seluas 1.205,22 km2 dihuni oleh ±700.000 jiwa. Letaknya di pesisir pantai selatan yang berbatasan dengan sebelah utara Kabupaten Ponorogo, sebelah barat Kabupaten Pacitan, sebelah selatan Samudra Hindia dan sebelah timur Kabupaten Tulungagung.

Trenggalek memiliki buanyak tempat wisata, kebudayaan dan makanan khas loo..

Pertama tempat yang wajib dikunjungi pas lagi ke Trenggalek adalah pantai Prigi. Panti prigi ini pusat pariwisata dan perekonomian warga Watulimo loo. Disini ni tempat dilangsungkannya upacara adat Larung Sembonyo yang diadain tiap setahun sekali dan disini juga terdapat tempat pelelangan ikan dan merupakan pelabuhan Nusantara. Keren nggak?? Keren dong :D Oh iya tentang Larung Sembonyo adalah upacara adat yang diadakan setiap tanggal 1 Suro. Upacara ini merupakan upacara bentuk rasa syukur masyarakat daerah tersebut karena hasil laut yang telah mereka peroleh untuk memenuhi kebutuhan ekonomi mereka. Biasanya sih acaranya nglepasin sesajen ke tengan lautan gitu.

Trus yang wajib dikunjungin kedua adalah Pantai Pasir Putih yang berada kurang lebih 2 km dari pantai Prigi. Sesuai dengan namanya, pantai Pasir Putih ini terkenal dengan pasirnya yang putih dan bersih. Disini kalau kalian pengen muter-muterin pantai juga bisa kok, karena di pantai ini juga nyediain perahu bagi wisatawan yang ingin ngrasain naik perahu di tengah laut :D. Eh tapi nggak gratis loo, tiap penumpang tarifnya Rp. 5000 tapi bisa di nego sih kalau naiknya rame-rame.

Lanjut jut yuk…

Selain pantai prigi sama panatai pasir putih, masih banyak lagi pantai-pantai yang nggak kalah keren di Trenggalek ini. Ada pantai Pelang yang terletak di kecamatan Panggul. Pantai ini juga memiliki keindahan yang luar biasa yaitu memiliki air terjun dan pulau-pulau kecil yang indah. Ada lagi pantai Karanggongso, pantai Damas, pantai Blado, pantai Konang dan pantai Ngampiran.

Selain pantai ada objek wisata lain juga loo, ada Goa Lowo yang terletak di kecamatan Watulimo. Katanya sih Goa Lowo ini salah satu goa yang terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara loo..wow. Ada juga pemandian Tapan yang merupakan kolam pemandian alami yang berada pegunungan dan airnya langsung dari sumber, sehingga terjamin kebersihannya. Pemandian ini terletak di kecamatan Karangan.

Dan sekarang masuk ke kuliner khas Trenggalek, yey :D

Salah khas kuliner khas Trenggalek adalah Sego Gegog yaitu nasi yang dibungkus menggunakan daun pisang dan didalam nasi tersebut diisi berbagai macam bumbu dan ikan teri. Bumbu dan teri tersebut dimasak seperti sambel. Kemudian nasi dibungkus dan dikukus sampai matang. Sego Gegog ini hampir mirip sama arem-arem, rasanya gurih dan pedes dan nikmat pastinya. Oh iya, penjual sego gegog ini hanya ada di satu tempat yaitu di desa Bendungan,sebelah barat kota Trenggalek. Lumayan jauh sih kalau dari kota, tapi nggak masalah, pemandangan disepanjang jalan menuju lokasi asyik kok..alami banget. Lumayanlah buat cuci mata. Udaranya sejuk lagi.

Sego gegog ini enaknya dimakan pas anget-angetnya. Kalau udah dingin tetep enak sih tapi lebih enak kalau pas masih anget dan harganya sangat murah meriah loo. Cuma Rp. 1000 dan kalau mau nambah lauk semacam tempe goreng atau tahu goreng kalian cuma nambah Rp. 500/biji. Asyik kan?? :D

Selain sego gegog masih ada kripik tempe, alen-alen, manco, kripik mbothe. Dan kalau lagi musim buah, apalagi durian, salak, maggis, hemm jangan ditanya deh..di sepanjang jalan ada buanyak pedagang buah dari berapapun harganya..hihii

Okedeh lanjut tentang kebudayaannya. Salah satu yang unik adalah lebaran ketupat atau biasanya masyarakat Trenggalek menyebut dengan istilah “kupatan”. Tepatnya berpusat di desa Durenan, kecamatan Durenan Trenggalek, hari raya ketupat yang jatuh pada tanggal 8 Syawal tahun Hijriah atau satu minggu lebaran selalu meriah. lebaran ketupat ini identik dengan ketupat, yailyalah :D. Setiap rumah di daerah ini membuka jamuan untuk semua orang, baik itu kerabat, teman, bahkan orang yang tidak dikenal sekalipun. Disini ketupat adalah menu utamanya, biasanya disajikan dengan sayur tewel (nangka muda), opor, rendang, krupuk dan banyak lagi. Tergantung si tuan rumah yang masak sih..hehe

Itulah keistimewaan-keistimewaan yang ada di Kabupaten Trenggalek. Meskipun Trenggalek belum ada mallnya tapi kalau berkunjung ke Trenggalek nggak bakalan nyesel deh. Soalnya kalian akan dimanjakan dengan berbagai macam wisata dan kuliner. Enjoy Trenggalek

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s